Latihan Otot dada

Posted: March 23, 2011 in Pola Latihan

Bench Press (Dumbell / Barbell )

Latihan ini adalah latihan terbaik untuk dada. Lakukanlah pegangan sedikit lebih lebar dari lebar bahu. Jangan terlalu lebar karena akan membebani sendi terlalu lebar karena akan membebani sendiri terlalu berat. Turunkan beban perlahan sehingga menyentuh dada di daerah putting. Ketika mendorong beban ke atas, buat sedikit sudut. Jangan mendorong tegak lurus ke atas. Hal ini akan menyebabkan otot deltoid bagian depan banyak berperan.

Incline Press

Latihan press dengan incline akan memberikan sedikit lebih banyak tekanan pada area dada bagian atas. Sudutnya jangan terlalu tinggi. Cukup dengan sudut sekitar 200 – 300 saja dan dapat divariasikan. Latihan dapat divariasikan antara barbell dengan dumbell.

Decline Press (Barbell / Dumbell)

Merupakan gerakan latihan yang serupa dengan Bench Press atau Incline Press, hanya dilakukan di bangku Decline yang mempunyai kemiringan tertentu (sekitar 20 – 30’). Latihan ini mengkonsentrasikan tekanan pada otot dada bagian bawah sehingga otot dada dapat menjadi lebih tebal dan telihat “menggantung”.

Cable Crossever

Merupakan gerakan yang membantu mengembangkan otot terutama di area tengah otot dada. Latihan ini sendiri dapat memperkuat area tengah dibagian bawah sesuai dengan posisi jatuhnya cable yang dapat kita atur. Dengan menggenggam kedua pegangan pada cable, kita menarik cable ke tengah depan sambil mengkontrasikan otot dada kita. Cable kemudian dilepas secara perlahan.

Pec Dec / Butterflyes

Latihan ini memungkinkan otot dada untuk bergerak sesuai dengan gerakan alaminya yang membawa kedua lengan menuju pusat tubuh. Usahakan agar siku tetap berada pada bantalan pegangan (pads). Jika kita karena satu dan lain hal tak mungkin menggunakan telapak tangan kita untuk latihan, kita masih dapat melakukan latihan ini dengan sempurna. Jangan mempergunakan telapak tangan terlalu banyak dalam latihan ini karena akan mengurangi tekanan otot dada.

Dumbell Pullover

Latihan ini dimaksudkan untuk sedikit memperbesar otot-otot sela iga sehingga rongga iga menjadi lebih besar. Dengan demikian dasar dari otot akan menjadi lebih tebal dan luas sehingga apabila kita melatih otot dada (pectoralis) dengan latihan press, hasilnya akan lebih optimal. Latihan dengan dumbell dalam posisi berbaring, atau posisi dimana bahu menempel pada bench dan kedua kaki menginjak lantai, beban di pegang lurus di atas dada. Turunkan dumbel ke arah belakang kepala sejauh mungkin lalu kembali ke posisi semula. Bagi pemula dapat melakukannya dengan bantuan “Machine Pullover”.

Dumbell Flyes

Latihan ini digunakan untuk melatih otot dada dengan rentang gerakan yang cukup jauh, sehingga efektif untuk membantu meningkatkan massa otot. Beban yang dipergunakan dapat bervariasi hanya perlu diingat agar berhati-hati saat menggunakan beban berat. Sebaiknya menggunakan seorang partner guna membantu menjaga dan mengawasi latihan. Latihan ini dapat dilakukan dengan tiga posisi yaitu pada bangku incline, bench atau decline sesuai dengan kebutuhan.

copy from : http://www.binaraga.net/content/34/Latihan-Otot-Dada.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s